HATI-HATI BUKA VIDEO DI FACEBOOK

jangan-buka-video-pesawat-jatuh-di-facebook

Anda sebagai pengguna Facebook jangan pernah membuka tautan video pesawat jatuh dan menabrak jembatan yang saat ini tengah beredar di Facebook.

Hal ini karena tautan di Facebook berjudul ” pesawat besar menabrak jembatan,” yang berbunyi, “kecelakaan pesawat besar menabrak jembatan, penonton kecelakaan mengerikan ini harus di atas 18 tahun!” tersebut hanya jebakan berupa scam yang mana bermodus penipuan pengguna Facebook.

Seperti dilansir Softpedia (21/1), ketika membuka tautan video tersebut pengguna atau korban tidak akan melihat video pesawat jatuh yang dimaksud. Menurut ahli keamanan internet, Graham Cluley, ketika pengguna mengklik link yang terdapat di posting Facebook tersebut, maka pengguna akan dibawa ke halaman di mana mereka diminta untuk membagikan video tersebut guna mendapatkan akses ke konten.

Setelah korban berbagi posting pada timeline mereka sendiri, bukannya video yang muncul, mereka justru diminta untuk menyelesaikan berbagai survei.

Dengan kata lain, tautan berupa video pesawat jatuh ini sebenarnya merupakan bentuk dari scam berupa survei. Scam ini sendiri disebar pelaku scammers guna mendapatkan keuntungan finansial dari hasil survei yang diisi para korbannya.

Selain itu, dalam beberapa kasus, pengguna diminta untuk menyerahkan informasi pribadi seperti nomor telepon. Nomor telepon pengguna Facebook ini kemudian akan didaftar untuk berlangganan layanan mobile premium tanpa sepengetahuan penggunanya.

Dalam skenario lain, para pelaku cyber crime ini juga memanfaatkan scam seperti contoh di atas untuk menipu pengguna Facebook agar menginstal segala macam aplikasi berbahaya yang biasanya merupakan sumber malware dan virus.

Jika Anda menjadi salah satu korban scam ini, maka segera hapuslah pesan tersebut dari timeline Anda. Jika Anda sudah terlanjur memasukkan informasi nomor telepon Anda dan menjadi korban layanan premium penyedot pulsa, segera cek situs layanan premium tersebut karena mungkin di sana ada informasi yang berisikan petunjuk tentang cara untuk berhenti berlangganan.

sumber. merdeka.com

Bagi penulis fenomena serupa seperti ini sudah merajalela di media-media sosial lainnya, maka pesan penulis kita harus hati-hati terhadap link yang diberikan apalagi link yang dituju tidak jelas, semoga trit kali menambah manfaat, tetap jadikan dirikita waspada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s