Untuk Para Penikmat Kangkung

Jika Anda penggemar kangkung, baik itu cah kangkung, petis kangkung, atau plecing kangkung, dll yang berkaitan dengan kangkung kudu baca ini neh….

Kangkung merupakan jenis tanaman yang sangat populer dan memiliki banyak sekali penggemar di wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur Jauh. Selain karena rasanya yang maknyus, ia diyakini mengandung nutrisi yang baik.

1Namun dibalik rasanya yang nikmat ternyata kangkung memiliki potensi bahaya yang cukup membuat bulu kuduk merinding…

2Wilayah penyebaran fasciolopsis sp/buski (cacing pipih) yg bersumber dari kangkung sebagai tanaman air

Tanaman kangkung, dalam istilah botani disebut Ipomoea aquatica, memiliki panggilan yang berbeda di beberapa negara. Beberapa nama yang digunakan untuk menyebutkan tanaman kangkung antara lain water spinach, water morning glory, water convolvulus, morning glory, ong-choy atau swamp cabbage. Atau juga dikenal sbg phak bung di Thailand, “rau muống” di Vietnam, trokuon di Khmer & kangkung di Malaysia & Indonesia.

Nah, dari namanya aja udah jelas kalo si kangkung ini tumbuhan air….water spinach. Masalahnya perairan sbg tempat tumbuh si kangkung ini tidak hanya mengandung nutrisi tetapi kerapkali terkontaminasi oleh beberapa jenis air limbah. Oleh sebab itu ia memiliki resiko terpapar berbagai polutan seperti logam berat dari berbagai aktivitas manusia sehingga membuat banyak orang yg mengkonumsinya memiliki risiko keracunan. Bahkan bahaya yg lebih besar dampaknya akan dirasakan anak-anak dan janin (bagi ibu hamil yg mengkonsumsinya). Apalagi jika kangkung ini dimakan mentah2x maka ia akan menjadi jalan masuk bagi fasciolopsis buski, yaitu sejenis parasit yg biasa ada di usus babi yang akan menyebabkan penyakit fasciolopsiasis.

3siklus si Fasciolopsis buski

Nih penjelasan siklus si cacing pipih Fasciolopsis buski dari gambar diatas:
1 Immature eggs are discharged into the intestine and stool
2 Eggs become embryonated in water,
3 eggs release miracidia
4 which invade a suitable snail intermediate host. In the snail the parasites undergo several developmental stages
4a sporocysts
4b rediae and
4c cercariae )
5 The cercariae are released from the snail
6 and encyst as metacercariae on aquatic plants
7 The mammalian hosts become infected by ingesting metacercariae on the aquatic plants. After ingestion, the metacercariae excyst in the duodenum
8 and attach to the intestinal wall. There they develop into adult flukes (20 to 75 mm by 8 to 20 mm) in approximately 3 months, attached to the intestinal wall of the mammalian hosts (humans and pigs)
The adults have a life span of about one year.

Fasciolopsiasis umumnya penyakit infeksi yang terang dan asymptomatic. Dalam infeksi berat, gejala dapat berupa sakit perut, diare, kronis anemia, asites, toxemia, respon alergi, sensitisasi disebabkan oleh penyerapan penyakit alergis dari miseliumnya (berujung pada kematian pasien) dan obstruksi usus.

4telur Fasciolopsis buski

5nih cacingnya

Karena kangkung air kebanyakan tumbuh di sungai, kadang orang sering membuang limbah rumah tangga maupun limbah industri ke sungai tersebut. Kandungan yang ada pada limbah yaitu berupa Ag, Cu, Mn, dan masih banyak kandungan lain yang membahayakan bagi tubuh kita. Nantinya kandungan dari limbah-limbah tersebut akan diserap oleh tanaman kangkung air dan kandungan yang membahayakan tubuh bernaung pada tanaman kangkung air tersebut.

6

“Federally, water spinach is listed as a “noxious weed” under the Federal Noxious Weed Act of 1974 (7 U.S.C. 2802 (c)) and as such may be moved into or through the United States only under permit from the USDA Plant Protection and Quarantine Program, and under conditions that would not involve a danger of dissemination”

6Tidaklah berlebihan kalo badan pemerintah AS pun memasukkan kangkung kedalam kategori tanaman berbahaya

Walaupun kangkung sudah diolah sedemikian rupa, dimasak, dipanaskan namun tidak menjamin kandungan berbahaya dari kangkung air hilang. Tidak mau kan kangkung yang mempunyai kandungan berbahaya masuk ke dalam tubuh kita yang sehat ini,,, ?? jadi gak sehat dong nanti,, maka dari itu kita harus selektif memilih makanan untuk tubuh kita ini.

7Kangkung Air

8Kangkung Darat

9

Nah, penjelasan diatas sebetulnya dimaksudkan utk kangkung jenis air saja. Padahal disamping jenis kangkung air, ada satu lagi jenisnya yaitu kangkung darat. Dari 2 macam kangkung tersebut sana-sama bisa diolah untuk jadi makanan. Nah, kalau kita ingin meminimalkan resiko keracunan kangkung, sebaiknya sih kita pilih si kangkung darat ini yang tidak kalah lezatnya namun tidak berbahaya. Kalau masih bingung, ini cara membedakan kangkung air dan darat :

10kangkung sekarang ada yg ditanam dari biji, biasa disebut kangkung akar/kangkung darat

11

12

Anyway… gimana menurut pembaca ?
kalo menurut saya sih… dgn membaca post saya diatas:
1. sebaiknya kita gak usah takut makan kangkung… harapan saya sih agar kita semakin waspada aja tuh
2. kalo mo makan kangkung ….sebaiknya pilih kangkung darat, kalu tidak ada maka pilih kangkung air dari sumber air yang bersih, Insya Allah akan mengurangi potensi bahaya terpapar infeksi diatas… Cuci bersih ya….
3. sedini mungkin membudayakan pola hidup sehat terutama dalam mengolah kangkung hingga layak disajikan dalam menu makan kita… (jangan makan mentah2 yak, sebaiknya sampe matang)

Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s